BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Bisnis makanan ringan atau
sejenisnya memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang
bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan dan minuman ringan bermunculan
dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan dan minuman biasa
dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah
satunya adalah singkong yaitu salah satu jenis tanaman yang sudah sering
kita jumpai dan dikenal dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan apapun .
Singkong sangat mudah di
dapatkan dipasarkan dan juga murah untuk menarik minat para konsumen. Selain
itu usaha ini akan berkembang maka akan muncul inovasi yaitu dengan adanya
berbagai macam olahan dari singkong, keunggulan tersebut akan dimulai setelah
memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan
dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam usaha
ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan yang
dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah, perumahan ataupun dekat
dengan jalan raya.
Oleh karena itu kami tertarik
untuk membuka usaha yaitu “Keripik Sanget Rainbow” untuk dijual sebagai camilan
ringan yang rasanya cukup lezat.
BAB
II
BUSINESS
PLAN
2.1
Visi & Misi
Visi :
“Menjadikan “Keripik Sanget Rainbow”
sebagai usaha bisnis yang inovatif dan unik serta dikenal semua orang .
Misi :
1. Mengutamakan kualitas
dalam pelayanan
2. Berorientasi kepada
kepuasan konsumen
3. Mengembangkan inovasi
– inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4. Mengembangkan usaha di
beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5. Menambah wawasan
tentang cara berwirausaha tentang berbagai jenis makanan dari oreo
6. Membangun semangat berwirausaha
7. Tercipta ekonomi bersama yang
mandiri
8. Membangun kemandirian mahasiswa
dalam menghadapi tantangan global
2.2
Tujuan
1. Mendapatkan keuntungan dari produk
ini.
2. Membuat produk makanan dan minuman
yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
3. Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan
dari oreo dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat
diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti
cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
4. Memperkenalkan
hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa oreo goreng ini mempunyai
nilai cita rasa yang tinggi.
2.3. Identifikasi Usaha
Usaha yang akan dijalankan:
NamaUsaha : Keripik Sanget
Rainbow
Alamat : Jln.Sultan Adam Komp.Kadar
Permai 6 no.98 rt.16 , Banjarmasin Utara
No.
telp. Usaha :
089664169416
Email
Usaha : keripiksangetrainbow@gmail.com
Line/Instagram : keripik_sanget_rainbow
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Rencana Produk
Keripik
Sanget Rainbow adalah olahan makanan ringan yang berbahan dasar singkong, dengan
warna-warni dan dikemas secara baik dan menarik , Keripik Sanget Rainbow
memilki rasa yang gurih , lezat dan aman
.
3.2 Produk yang dihasilkan
Keistimewaan Keripik Sanget Rainbow ini diantaranya :
1. Hidangan lezat dan bergizi
2.
Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik
anak-anak, remajamaupun orang tua.
3. Disajikan dengan berbagai
macam rasanya.
BAB IV
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
4.1
Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan (
handmade ) yang menjual makanan ringan yang lezat dan bergizi berbahan dasar
singkong yang disajikan dengan rasa yang unik dan menarik
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Bisnis makanan ringan atau
sejenisnya memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang
bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan dan minuman ringan bermunculan
dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan dan minuman biasa
dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah
satunya adalah singkong yaitu salah satu jenis tanaman yang sudah sering
kita jumpai dan dikenal dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan apapun .
Singkong sangat mudah di
dapatkan dipasarkan dan juga murah untuk menarik minat para konsumen. Selain
itu usaha ini akan berkembang maka akan muncul inovasi yaitu dengan adanya
berbagai macam olahan dari singkong, keunggulan tersebut akan dimulai setelah
memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan
dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam usaha
ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan yang
dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah, perumahan ataupun dekat
dengan jalan raya.
Oleh karena itu kami tertarik
untuk membuka usaha yaitu “Keripik Sanget Rainbow” untuk dijual sebagai camilan
ringan yang rasanya cukup lezat.
BAB
II
BUSINESS
PLAN
2.1
Visi & Misi
Visi :
“Menjadikan “Keripik Sanget Rainbow”
sebagai usaha bisnis yang inovatif dan unik serta dikenal semua orang .
Misi :
1. Mengutamakan kualitas
dalam pelayanan
2. Berorientasi kepada
kepuasan konsumen
3. Mengembangkan inovasi
– inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4. Mengembangkan usaha di
beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5. Menambah wawasan
tentang cara berwirausaha tentang berbagai jenis makanan dari oreo
6. Membangun semangat berwirausaha
7. Tercipta ekonomi bersama yang
mandiri
8. Membangun kemandirian mahasiswa
dalam menghadapi tantangan global
2.2
Tujuan
1. Mendapatkan keuntungan dari produk
ini.
2. Membuat produk makanan dan minuman
yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
3. Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan
dari oreo dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat
diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti
cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
4. Memperkenalkan
hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa oreo goreng ini mempunyai
nilai cita rasa yang tinggi.
2.3. Identifikasi Usaha
Usaha yang akan dijalankan:
NamaUsaha : Keripik Sanget
Rainbow
Alamat : Jln.Sultan Adam Komp.Kadar
Permai 6 no.98 rt.16 , Banjarmasin Utara
No.
telp. Usaha :
089664169416
Email
Usaha : keripiksangetrainbow@gmail.com
Line/Instagram : keripik_sanget_rainbow
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Rencana Produk
Keripik
Sanget Rainbow adalah olahan makanan ringan yang berbahan dasar singkong, dengan
warna-warni dan dikemas secara baik dan menarik , Keripik Sanget Rainbow
memilki rasa yang gurih , lezat dan aman
.
3.2 Produk yang dihasilkan
Keistimewaan Keripik Sanget Rainbow ini diantaranya :
1. Hidangan lezat dan bergizi
2.
Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik
anak-anak, remajamaupun orang tua.
3. Disajikan dengan berbagai
macam rasa.
BAB IV
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
4.1
Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan (
handmade ) yang menjual makanan ringan yang lezat dan bergizi berbahan dasar
singkong yang disajikan dengan rasa yang unik dan menarik
4.2
Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah,
kalangan manapun tahu dengan produk oreo ini. Dalam usaha ini
tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan dan juga
tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan
sikap tekun, & sabar.
BAB V
RENCANA
PRODUKSI
5.1
Bahan Baku dan Proses Produksi
v Bahan Keripik Sanget Rainbow
Pastinya berbahan dasar
singkong , pewarna makanan , bumbu rahasia dan minyak goreng untuk menggoreng
serta peralatan masak sesuai kebutuhan
v Proses produksi
Proses
produksi kami lakukan secara handmade namun tetap
Sesuai
standar sehingga layak di konsumsi dan terjaga ke higienisannya hingga di
tangan konsumen dan juga di kemas secara praktis dan unik .
|
|
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1 Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha
harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui
analisis SWOT.
1. Strength
(kekuatan)
Kekuatan produk
Keripik Sanget Rainbow ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh
usaha Keripik Sanget Rainbow yaitu penjualan Keripik Sanget Rainbow dari
bahan dasar singkong mudah di dapat dan murah sehingga masih besar kemungkinan
usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin
sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda
dengan usaha Milkshake oreo dan Oreo goreng yang lainnya yaitu rasa
yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2. Weakness
(kelemahan)
Tidak
dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang
tidak suka singkong .
3. Oppurtinity
(peluang)
Tempat
strategis, ciri khas menu dan tampilan yang menarik dan dibuat sesuai
selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang
konsumtif, di Banjarmasin belum ada yang menjual Keripik Sanget Rainbow yang
inovatif ini mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang
sebesar-besarnya.
4. Threath
(ancaman)
Produk ini mudah di tiru dalam segi
produksi dan produk ini termasuk produk yang tidak dapat bertahan lama .
6.2. Analisis 4P
1. Product
Brand : “Keripik Sanget Rainbow”
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : kemasan plastik
2. Price
Harga terjangkau untuk kalangan
menengah bawah – atas .
3. Promotiona
a. Personal Selling : Pemasaran awal
produk kami melalui kantin kampus, personal, media sosial kemudian terus berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk
melalui Line dan Instagram .
c. Penjualan Milkshake oreo dan
Oreo goreng ini juga memiliki tempat di salah satu kawasan di Banjarmasin .
4. Place
Tempat yang dipilih yaitu di
Jl.Sultan Adam komp. Kadar permai 6 no.98 rt. 16
6.3 Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target
yaitu wilayah sekitaran Banjarmasin, alasan memilih wilayah ini karena
bahan-bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan dikota ini dan juga
belum ada yang dapat menjadi pesaing di wilayah ini.
2. Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar
kami bertuju pada kalangan umum dan lingkungan sekitar perumahan dan
dipinggiran jalan dengan membuka lapak (Keripik Sanget Rainbow) untuk
mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
6.4 Strategi
Pemasaran
1. Perkenalan
Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan
makanan yang lezat, bergizi, dan menyehatkan dengan harga yang terjangkau
Produk ini bernama “Keripik Sanget Rainbow” yaitu makanan ringan yang bahan
dasarnya menggunakan singkong dan ditambahkan berbagai varian rasa .
2. Membangun
jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Berdasar pada produk yang terbilang
baru sehingga menjadikan produk ini mampu menembus pasar . Oleh karena itu Keripik
Sanget Rainbow berniat bekerja sama kepada pihak yang memiliki olahan yang
berbahan dasar oreo untuk ikut serta mengembangkan usaha ini .
3. Menciptakan
inovasi pada desain yang ditawarkan.
Keripik Sanget Rainbow kali ini yang
pertama yaitu dengan bahan dasar singkong
di tambah berbagai warna menarik dan rasa yang unik
4. Meningkatkan
kualitas pelayanan
Menyediakan website/ media sosial untuk wadah para konsumen memberikan saran
atas produk yang dibuat oleh Keripik Sanget Rainbow.
5. Media
pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami
melalui media social seperti Line dan
Instagram serta face to face
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
7.1 Modal Awal
1.
Keripik Sanget Rainbow
Singkong10 kg 50.000
Minyak 1 lt 11.000
pewarna 20.000
Bumbu rahasia 30.000
Jumlah 111.000
7.2 Harga Per unit
Harga jual
Keripik Sanget Rainbow 1 bungkus di jual
2.000
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
Rencana
Organisasi terdiri dari kelompok yang bekerjasama dalam melayani para konsumen.
BAB IX
RESIKO
Resiko
yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja
memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak
juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya
pembeli produk Keripik Sanget Rainbow .
BAB X
PENUTUP
10.1 Kesimpulan
Usaha Keripik Sanget Rainbow ini
termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang bisnis yang
menjanjikan memperoleh keuntungan yang tinggi dengan berbagai macam rasa dan
bentuk yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen. namun semua itu juga
harus disertai dengan kemampuan membaca peluang yang baik dan managemen yang
baik,dan yakinkan bahwa bisnis apapun yang anda lakukan dapat bersaing dan
berkembang sesuai harapan.
10.2 Saran
Agar tidak menimbulkan kegagalan
usaha di tengah jalan, seorang wirausaha harus memiliki rencana dan
memperhatikan secara maksimal rencana tersebut agar usaha berkembang dengan
cepat serta tetap menjaga kualitas dan berinovasi untuk menarik para konsumen
membeli produk tersebut.
4.2
Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah,
kalangan manapun tahu dengan produk oreo ini. Dalam usaha ini
tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan dan juga
tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan
sikap tekun, & sabar.
BAB V
RENCANA
PRODUKSI
5.1
Bahan Baku dan Proses Produksi
v Bahan Keripik Sanget Rainbow
Pastinya berbahan dasar
singkong , pewarna makanan , bumbu rahasia dan minyak goreng untuk menggoreng
serta peralatan masak sesuai kebutuhan
v Proses produksi
Proses
produksi kami lakukan secara handmade namun tetap
Sesuai
standar sehingga layak di konsumsi dan terjaga ke higienisannya hingga di
tangan konsumen dan juga di kemas secara praktis dan unik .
|
|
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1 Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha
harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui
analisis SWOT.
1. Strength
(kekuatan)
Kekuatan produk
Keripik Sanget Rainbow ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh
usaha Keripik Sanget Rainbow yaitu penjualan Keripik Sanget Rainbow dari
bahan dasar singkong mudah di dapat dan murah sehingga masih besar kemungkinan
usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin
sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda
dengan usaha Milkshake oreo dan Oreo goreng yang lainnya yaitu rasa
yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2. Weakness
(kelemahan)
Tidak
dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang
tidak suka singkong .
3. Oppurtinity
(peluang)
Tempat
strategis, ciri khas menu dan tampilan yang menarik dan dibuat sesuai
selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang
konsumtif, di Banjarmasin belum ada yang menjual Keripik Sanget Rainbow yang
inovatif ini mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang
sebesar-besarnya.
4. Threath
(ancaman)
Produk ini mudah di tiru dalam segi
produksi dan produk ini termasuk produk yang tidak dapat bertahan lama .
6.2. Analisis 4P
1. Product
Brand : “Keripik Sanget Rainbow”
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : kemasan plastik
2. Price
Harga terjangkau untuk kalangan
menengah bawah – atas .
3. Promotiona
a. Personal Selling : Pemasaran awal
produk kami melalui kantin kampus, personal, media sosial kemudian terus berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk
melalui Line dan Instagram .
c. Penjualan Milkshake oreo dan
Oreo goreng ini juga memiliki tempat di salah satu kawasan di Banjarmasin .
4. Place
Tempat yang dipilih yaitu di
Jl.Sultan Adam komp. Kadar permai 6 no.98 rt. 16
6.3 Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target
yaitu wilayah sekitaran Banjarmasin, alasan memilih wilayah ini karena
bahan-bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan dikota ini dan juga
belum ada yang dapat menjadi pesaing di wilayah ini.
2. Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar
kami bertuju pada kalangan umum dan lingkungan sekitar perumahan dan
dipinggiran jalan dengan membuka lapak (Keripik Sanget Rainbow) untuk
mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
6.4 Strategi
Pemasaran
1. Perkenalan
Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan
makanan yang lezat, bergizi, dan menyehatkan dengan harga yang terjangkau
Produk ini bernama “Keripik Sanget Rainbow” yaitu makanan ringan yang bahan
dasarnya menggunakan singkong dan ditambahkan berbagai varian rasa .
2. Membangun
jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Berdasar pada produk yang terbilang
baru sehingga menjadikan produk ini mampu menembus pasar . Oleh karena itu Keripik
Sanget Rainbow berniat bekerja sama kepada pihak yang memiliki olahan yang
berbahan dasar oreo untuk ikut serta mengembangkan usaha ini .
3. Menciptakan
inovasi pada desain yang ditawarkan.
Keripik Sanget Rainbow kali ini yang
pertama yaitu dengan bahan dasar singkong
di tambah berbagai warna menarik dan rasa yang unik
4. Meningkatkan
kualitas pelayanan
Menyediakan website/ media sosial untuk wadah para konsumen memberikan saran
atas produk yang dibuat oleh Keripik Sanget Rainbow.
5. Media
pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami
melalui media social seperti Line dan
Instagram serta face to face
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
7.1 Modal Awal
1.
Keripik Sanget Rainbow
Singkong10 kg 50.000
Minyak 1 lt 11.000
pewarna 20.000
Bumbu rahasia 30.000
Jumlah 111.000
7.2 Harga Per unit
Harga jual
Keripik Sanget Rainbow 1 bungkus di jual
2.000
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
Rencana
Organisasi terdiri dari kelompok yang bekerjasama dalam melayani para konsumen.
BAB IX
RESIKO
Resiko
yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja
memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak
juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya
pembeli produk Keripik Sanget Rainbow .
BAB X
PENUTUP
10.1 Kesimpulan
Usaha Keripik Sanget Rainbow ini
termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang bisnis yang
menjanjikan memperoleh keuntungan yang tinggi dengan berbagai macam rasa dan
bentuk yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen. namun semua itu juga
harus disertai dengan kemampuan membaca peluang yang baik dan managemen yang
baik,dan yakinkan bahwa bisnis apapun yang anda lakukan dapat bersaing dan
berkembang sesuai harapan.
10.2 Saran
Agar tidak menimbulkan kegagalan
usaha di tengah jalan, seorang wirausaha harus memiliki rencana dan
memperhatikan secara maksimal rencana tersebut agar usaha berkembang dengan
cepat serta tetap menjaga kualitas dan berinovasi untuk menarik para konsumen
membeli produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar